Ads by BuzzCity

Rabu, 25 Juli 2012

Home » » seputar SIWAK wajib baca gan!!

seputar SIWAK wajib baca gan!!

Siwak,pernahkah sobat mendengar istilah tersebut bahkan sudah pernah melihatnya?dizaman modern ini ternyata penggunaan siwak sudah tergusur dengan pasta gigi namun ada juga yang masih menggunakan siwak tersebut sebagai alat pembersih gigi bahkan sebagai pengganti pasta gigi pada zaman dahulu.
Sebuah penelitian pada 2004 membandingkan pembersihan gigi dengan siwak dan sikat gigi bercampur pasta gigi. Hasilnya, gigi lebih bersih bila dibersihkan dengan siwak




siwak

Penggunaan siwak sebagai pohon dari dahan atau akar siwak, lihat pohon Siwak
Siwak atau miswak adalah dahan atau akar pohon yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Oleh karena itu semua dahan atau akar pohon apa saja boleh digunakan untuk bersiwak jika memenuhi persyaratannya, yaitu lembut, sehingga batang atau akar kayu yang keras tidak boleh digunakan untuk bersiwak karena bisa merusak gusi dan email gigi; bisa membersihkan dan berserat serta bersifat basah, sehingga akar atau batang yang tidak ada seratnya tidak bisa digunakan untuk bersiwak; seratnya tersebut tidak berjatuhan ketika digunakan untuk bersiwak sehingga bisa mengotori mulut

 Hukum bersiwak
Hukum bersiwak adalah sunnah muakkadah karena anjuran Rasululloh dan kesenantiasaan beliau melakukannya dan kecintaan beliau serta ajakan beliau kepada siwak tersebut

Faedah bersiwak

Siwak merupakan pekerjaan yang ringan namun memiliki faedah yang banyak baik bersifat keduniaan maupun bersifat akhirat.

Faedah Keduniaan

Berupa kebersihan mulut, sehat dan putihnya gigi, menghilangkan bau mulut, dan lain-lain.

Pada 1986 dan 2000, World Health Organization (WHO) menyarankan penggunaan siwak untuk membersihkan gigi. Salah seorang peneliti siwak, Ramli Mohammed Diabi, menghabiskan 17 tahun masa hidupnya hanya untuk meneliti kegunaan siwak.

Dia berpendapat, siwak juga berfungsi untuk menghilangkan efek kecanduan bagi perokok aktif. Siwak adalah ranting pohon Salvadora persica. Pohon itu juga disebut de ngan arak atau peelu. Di kalangan masyarakat Muslim, penggunaan siwak sangat popular karena hukumnya sunah.

Kayu siwak marak digunakan sebagai pembersih gigi mulai Timur Tengah menuju Asia Selatan, kemudian bersambung ke Asia Tenggara.

sumber1, sumber2

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...