Ads by BuzzCity

Selasa, 31 Juli 2012

Home » » Menu Makan Sehat Membantu Konsentrasi Anak

Menu Makan Sehat Membantu Konsentrasi Anak

PARA AHLI Universitas of Michigan Health System menjelaskan, diet seimbang dan sehat untuk anak membuat neurotransmitters berfungsi secara lebih baik sehingga meningkatkan konsentrasi dan ingatan anak.


Menurut ahli diet Catherine Kraus, masa kanak-kanak adalah masa penting di mana tubuh sedang tumbuh dan otak sedang berkembang. Karena itu, sangat penting untuk memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh dan mengajari anak kebiasaan makan cerdik di usia muda. Cara yang baik adalah orangtua memberikan contoh. Orangtua disarankan untuk memberikan makanan dan snack seimbang yang memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan anak untuk kinerja baik di sekolah.

Pastikan anak makan sarapan. Riset menunjukkan, anak yang tidak sarapan prestasinya tidak sebaik anak yang makan sarapan. Sarapan sehat terdiri dari serealia padi-padian utuh, havermut atau roti dengan protein seperti selai kacang tanah atau telur rebus matang. Tambahkan buah utuh ketimbang jus buah untuk memberikan lebih banyak vitamin, mineral, dan serat ke dalam diet. Produk susu dapat diterima sejauh dalam bentuk rendah lemak atau bebas lemak. Hindari lemak tinggi dan makanan bergula.

Berikut ini beberapa manfaat yang dirasakan anak jika rutin sarapan setiap pagi dengan menu yang sehat:


  • Memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari sehingga anak siap beraktifitas sehari penuh
  • Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam masa tumbuh kembang anak
  • Membantu agar konsentrasi si kecil lebih baik, hal ini membuat anak dapat fokus menyerap pelajaran dari lingkungannya
  • Menjaga semangat anak dalam beraktivitas karena nutrisinya terpenuhi

Pilihan praktis sarapan
1. Roti dan telur dadar

2. Sereal dan Susu

3. Nasi dengan telur orak arik

4. Sandwich isi: roti + keju + telur dadar + daun selada + tomat

5. Bubur ayam

Saat makan malam, separuh dari piring anak harus berisi sayur dan buah-buahan, seperempat piring tediri dari protein tak berlemak, seperempat terdiri dari padi-padian utuh seperti nasi beras atau gandum. Menurut Kraus, makan malam cerdik membantu fungsi otak anak. Makan malam yang memuaskan membuat anak tidur nyenyak di malam hari. Anak perlu tidur paling sedikit 8 sampai 9 jam semalam agar berfungsi baik di sekolah pada keesokannya.


Sumber : Siaran pers University of Michigan Health System, Agustus 2008 ;


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...