Ads by BuzzCity

Minggu, 22 Juli 2012

Home » » Belajar HTML

Belajar HTML

Hai sobat AyoBukaSaja.com. Sambil menunggu berbuka puasa mending belajar HTML bareng saya, daripada kita tidur terus kan nggak baik walaupun tidurnya orang puasa itu ibadah. Lebih baik melakukan hal-hal positif sehingga kita dapat ilmunya dan juga dapat pahalanya. So, Let's Go My Buddy!.
Saya ingin berbagi dengan kalian tentang apa yang telah saya baca dari buku "Pemrograman Web dengan HTML"  penyusun Betha Sidik, Ir. dan Husni Iskandar Pohan, Ir., M. Eng. yang diterbitkan oleh Informatika Bandung.
Sob, tentu anda pernah terkagum-kagum dengan beberapa situs yang pernah anda kunjungi, dan tentunya anda bertannya-tanya gimana cara buatnya ya. Nah, mulai saat ini jangan hanya jadi penonton kehebatan orang lain, tapi berusahalah agar orang lain menonton kehebatan anda. Okey, sebenarnya bagaimana sih membangun desain website yang atraktif dan dinamis itu?

1. What is HTML?

Anyone ever heard about HTML? Ya, inilah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun website. HTML adalah singkatan dari Hyper Text Mark up Language. Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan editor teks apa saja (sembarang bukan sembarangan). Dokumen ini dikenal sebagai webpage. Dokumen ini umumnya berisi informasi atau interface aplikasi di dalam internet.
Ada dua cara untuk membuat sebuah webpage, yaitu dengan HTM Editor atau dengan editor teks biasa (misal: Notepad). Nah sebagai pemula seperti saya ini lebih mudah menggunakan notepad, dan tentunya notepad selalu ada di komputer anda.

2. Make a Name for HTML Document

Ketika anda sudah selesai membuat dokumen HTML dengan menggunakan Notepad, maka simpanlah dokumen tersebut dengan nama sesuka anda dan akhiri dengan .htm atau .html (misal: webku.html).

3. Definition of Element

Dokumen HTML disusun oleh beberapa elemen, yaitu head, body, table, paragraf, dan list.

4. Definition of Tag

Untuk menandai berbagai elemen di dalam dokumen HTML kita menggunakan Tag. Tag html terdiri atas sebuah kurung sudut yang di dalamnya tertulis nama  tag (misal : ). Tag pada umumnya berpasangan (misal:  ). Nanti kita akan mengenal berbagai macam nama tag dan fungsinya, tunggu postingan berikutnya ya.

5. Elemen HTML

Biasanya untuk membuat sebuah dokumen webpage ada 3 elemen utama, yaitu tag , , dan beserta tag pasangannya. Tag adalah tag untuk mendefinisikan sebuah dokumen HTML. Elemen berisi informasi tentang dokumen tersebut, dan elemen body tag berisi teks yang sebenarnya tersusun atas paragraf, link, grafik, gambar, and other.
contoh:

    
Okay Guys, sampai di sini dulu tentang HTML. Sampai ketemu di postingan saya berikutnya.
Menu lengkap belajar HTML klik tab belajar di bawah header pilih HTML atau klik di sini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...