Ads by BuzzCity

Sabtu, 10 Maret 2012

Home » » 10 KEYBOARDIST TERBAIK INDONESIA

10 KEYBOARDIST TERBAIK INDONESIA

10 Keyboardist Terbaik Indonesia


Keyboardist di Indonesia sangatlah banyak , namun dari seni dan kualitas bermain , serta Warna warna dan corak musik para Keyboardist Indonesia ini terdapat 10 Keyboardist Papan atas Indonesia 




Inilah para Maestro tersebut (versi penulis), berdasarkan:


Skill individual, pengaruh permainannya terhadap sebuah lagu, dapat mengangkat musikalitas dalam band (jika personel band), mendapatkan penghargan bahkan di ajang dunia, turut menulis/mengaransemen lagu, dan akhirnya menjadi legend dalam dunia musik Indonesia.


1.Jocky Suryoprayogo (God Bless)






Bagi para pemain rock, nama besar musisi ini jelas tak asing lagi. Dia-lah keyboardis rock terhebat dalam sejarah musik Indonesia. Selain keyboardis di grup band raksasa, God Bless, sosok Jocky juga penulis lagu dan arranger hits-hits God Bless. Lagu-lagu dan permainan keyboard-nya, masih kerap dijadikan refrensi para musisi masa kini, hingga di ajang festival. Nada-nada pilihannya selalu terdengar mendominasi, komersil, dan perkasa. Lagu berjudul Musisi milik God Bless, menjadi semacam masterpiece bagi permainannya yang dikenal hingga level dunia. Lagu tersebut juga masih sering dijadikan lagu wajib dalam ajang-ajang festival band di tanah air.




2.Fariz RM






Tak hanya, seorang keyboardis, sosok yang satu ini juga pencipta banyak hits romantis namun sarat dengan permainan berkualitas, yang masih dimainkan banyak orang hingga saat ini. Hits Sakura dan Barcelona menjadi semacam signature status legendarisnya yang tak hanya diakui para pendengar awam, tapi juga oleh para musisi. Bahkan para personil band besar sekelas KLA Project, jika ditanya, siapa salah satu musisi favorit mereka?
Jawabannya adalah Fariz RM.




3.Indra Lesmana






Dia lah putra sang musis besar Jazz, Jack Lesmana, yang mampu meneruskan nama besar sang Ayah. Membuktikan bahwa darah seni dan jazz mengalir kental dalam dirinya. Pernah bersolo karir, tergabung dalam group musik penuh dengan musisi ternama (Adegan), dan mampu eksis hingga saat ini Tak ada yang berani mengatakan kesuksesannya karena di bawah bayang-bayang nama besar sang Ayah. Dan tak akan ada pula yang menyangkal kalau namanya layak dijadikan contoh bagi para keyboardis.
Indra Lesmana adalah seorang legenda.




4.Dwiki Dharmawan






Menjadi keyboardis Krakatau Band , yang sudah dikenal sejak masa 1990-an. Dengan beberapa hits single yang masih enak dinikmati hingga sekarang. Sosok Dwiki seperti mengundurkan diri dari hingar-bingar dunia musik profesional, saat ia menikahi sang vokalis tenar Ita Purnamasari. Namun ternyata muncul lagi dengan satu gebrakan, menjadi salah seorang Pengelola Sekolah Musik besar dengan banyak murid, sekaligus memimpin sebuah orkestra yang banyak mengiringi artis-artis besar masa kini.




5.Adi Adrian (KLA Project)







Keyboardis yang satu ini terlihat lebih kalem dibanding personil KLA Project yang lain. Namun permainan keyboardnya, mampu memberikan suatu pencerahan bagi group musiknya. Nama besarnya seiring dengan besarnya group band tersebut. Permainan keyboardnya terdengar khas, berkualitas, serta bernuansa dalam hits-hits KLA Project, seperti Semoga dan Yogyakarta.


6.Ahmad Dhani  (DEWA 19 , THE ROCK )






Dhani Ahmad Prasetyo (lahir di Surabaya Jawa Timur ,26 Mei 1972) atau yang lebih dikenal dengan Ahmad Dhani / Dhani Manaf adalah seorang Musisi, Penulis Lagu, Penata Musik, dan Producer Indonesia. Dhani merupakan leader dari grup band papan atas, Dewa 19 dan juga personel grup band The Rock Dhani juga merupakan pemilik dan pimpinan dari Republik Cinta Management. Dhani telah mencetak banyak hits dan mengorbitkan sejumlah artis melalui karyanya.






7.Yovie Widianto (Kahitna, Yovie & Nuno)






Figur ini salah satu yang mampu bertahan diantara bermunculannya para musisi baru. Mulai dikenal sejak sebagai keyboardis Kahitna yang melahirkan banyak Hits. Sentuhan permainan keyboardnya terdengar kaya. Selain Kahitna, Yovie mampu membesarkan group band Yovie&Nuno dan terlibat dalam pembuatan album banyak artis. Masih eksis hingga saat ini dan menjadi salah satu sosok yang permainannya layak dijadikan refrensi.


8. Indra Q Kadarsih ( SLANK , BIP )




Indra yang dulu bertugas sebagai keyboardist Group Slank cukup legendaris dengan permainan piano dengan sentuhan Blues nya, dan setelah pisah dari Slank Indra dan rekan rekannya mendirikan Group BIP.


BIP adalah grup band yang didirikan oleh tiga orang musisi yang hengkang dari Slank pada tahun 1996, yaitu Parlin Burman/Pay (gitar), Bongky Marcel Ismail alias Bongky (bass), dan Indra Chandra Setiadi alias Indra (keyboard). Kini formasi mereka dilengkapi oleh Jaka Hidayat (drum) dan Irfan Fahri Lazuardy/Ipang (vokal).

Bongky, Indra, dan Pay sepakat mendirikan BIP empat tahun setelah berpisah dari Slank, tepatnya pada tanggal 20 April 2000 di acara reuni Potlot yang diadakan di GOR Saparua, Bandung. Sebelumnya, para personel jebolan Slank itu pernah membentuk grup band Sablenk (Saya Bekas Anak Slank). Vokalis awal BIP adalah Irang Perdana Arkad. Mereka pun merilis album Turun dari Langit (2001) mengandalkan lagu “Skak Mat” dan Min Plus (2002) di bawah PT EMI Music Indonesia. Namun pada awal Maret 2003, Irang memutuskan untuk mengundurkan diri dari BIP. April 2003, bertepatan dengan dirilisnya album The Best of BIP yang merangkum 14 tembang, BIP mengumumkan mereka tidak lagi memakai Irang sebagai vokalis. Dan sebagai tanda perpisahan itu, Irang tetap mengisi vokal pada lagu terbaru Bip, yaitu “Ternyata Harus Memilih” dan “Bosen”. Sebagai gantinya, mereka menggandeng Ipang, mantan vokalis Plastik. Dengan format Bongky (bass), Indra (keyboard), Pay (gitar), Jaka (drum), dan Ipang (vokal), mereka merilis album Udara Segar (2004) di bawah Forte Record





9.Tony Elyson (Java Jive)






Kehebatan nuansa dan kualitas musik yang mampu diciptakan group Band di era 1990-an, Java Jive, tak lepas dari pilihan sound dan nada-nada yang dikreasikan sang keyboardis. Tony termasuk salah satu keyboardis yang mampu menghidupkan sebuah lagu dengan permainannya yang penuh warna. Alunan keyboardnya-pada hits Java Jive sepeti Menikah dan Pretty Little Angel, membuktikan dirinya bukan sekadar hiasan, namun unsur penentu yang sentuhannya adalah pemanis di setiap lagu.




10.Ricky FM (Five Minutes)





Satu yang bertahan diantara sedikit yang terbaik. Siapa tak kenal dengan group band Five Minutes, yang muncul sejak awal 1990-an, dan mampu bertahan hingga saat ini, di tengah lahir dan binasanya banyak group band. Five Minutes, meski beberapa kali berganti personil, namun bisa tetap eksis, di tangan dingin sang keyboardis. Sosok yang satu ini juga sering terlibat dalam pembuatan album artis-artis lain. Ricky juga salah satu keyboardis yang berani mengeksplor berbagai macam voice untuk menghiasi hits-hits five minutes, dengan dibungkus permainan yang tak mudah diikuti.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...