Ads by BuzzCity

Selasa, 10 Januari 2012

Home » » It's All About KELAPA alias COCONUT

It's All About KELAPA alias COCONUT




Buah Kelapa/kerambil( jawa_red),siapa yang tidak mengenalnya buah yang kaya akan manfaat dan banyak mendatangkan kegunaan bagi manusia dari akar sampai daunnya bermanfaat untuk kepentingan manusia.Disamping banyak manfaatny buah kelapa ternyata banyak juga mengandung vitamin ,mineral bahkan zat-zat yang dibutuhkan bagi metabolisme tubuh manusia.




Kandungan Buah Kelapa

Tetapi banyak masyarakat kurang mengetahui manfaat kelapa di bidang kesehatan. Di bidang kesehatan pohon kelapa bermanfaat yaitu buahnya. Kelapa sering di gunakan penduduk kota kudus untuk mengobati jika keracunan.

Selain keracunan buah kelapa juga sering di gunakan untuk penyakit frambusia, TBC (santan dan air buahnya), mencret, disentri, cholera, lemah syawat (akarnya), borok, demam nifas (bunganya), gigi rusak/berlubang, kencing nanah (minyak tempurungnya), wasir, adanya pengapuran pada air seni (daging buahnya).

Menurut penelitian dari Balittro (Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik) diketahui kandungan nutrisi dari kelapa yang banyak me-ngandung gizi esensial. Daging buah kelapa muda misalnya, kaya akan kalori terutama dari karbohidrat.

Protein kelapa, dibandingkan dengan kacang-kacangan, lebih baik dalam hal asam amino isoleusin, leusin, lisin, threonin dan valin.

Adapun analisa nilai nutrisi daging buah kelapa umur 8 bulan adalah kadar air 90,59%, kalori 437 kkal/100 g, minyak 26,67%, protein 10,67%, serat kasar 3,98%, total karbohidrat 38,45%, pati 13,53%, gula sebagai glukosa 24,92%.

Sementara komposisi asam amino daging buah kelapa adalah isoleusin 2,5 g/16 g N, leusin 4,9 g/16 g N, lisin 2,7 g/16 g N, metionin 1,5 g/16 g N, threosin 2,3 g/16 g N, tripthopan 0,6 g/16 g N dan valin 3,8 g/16 g. Mineral utama yang terdapat pada daging buah kelapa adalah Fe (17 ppm), S (4,4 ppm), Cu (3,2), P (2.4 ppm). Kan-dungan vitamin pada buah meliputi vitamin C (10 ppm), vitamin B (15 IU), dan vitamin E (2 ppm).

Minyak kelapa sangat mudah dicerna dan diabsorbsi tubuh karena mengandung trigliserida yang ter-susun dari lemak rantai sedang (C6-C12). Komposisi asam lemak dalam minyak kelapa adalah C8 5-%, C10 6 - 10% dan C12 44 - 45% (total 55-65% asam lemak rantai sedang). Tri-gliserida asam lemak rantai sedang dapat digunakan untuk mengatasi hiper lipidemia dan kegemukan serta dapat digunakan dalam ransum untuk pasien pasca bedah dan bayi premature.

Daging buah kelapa juga mengandung 0,2 mg vitamin E (se-bagai tokoferol), namun proses pro-duksi minyak secara konvensional yang biasanya mengaplikasikan panas dan tekanan, mengurangi kandungan tokoferol dalam hasil akhir. Kandungan vitamin E opti-mum dapat diperoleh melalui per-baikan proses, yaitu dengan proses sentrifugasi santan dan produk yang dihasilkan dikenal dengan nama virgin oil. Virgin oil mempunyai aroma kelapa segar. Saat ini Virgin oil yang lebih dikenal dengan VCO (Virgin Coconut Oil) diyakini man-faatnya untuk mengatasi penyakit kanker bahkan dianggap lebih ampuh dibandingkan dengan buah merah (Pandanus conoideus).

manfaat buah kepala kelapa

1. Rendah karbohidrat
2. Rendah lemak, 99 persen bebas lemak
3. Rendah gula alami
4. Menjaga agar tubuh tetap sejuk dan berada pada suhu yang tepat
5. Membantu mengatasi batu ginjal dan batu di saluran kencing
6. Minuman alami untuk bayi yang menderita gangguan usus
7. Berfungsi sebagai minuman isotonik untuk semua usia
8. Kandungan saline dan albumen di dalamnya membantu mengatasi kasus kolera
9. Mempertahankan kadar cairan alami tubuh
10. Efek elektrolit dari air kelapa membantu penyerapan obat serta memudahkan masuknya obat ke dalam aliran darah
11. Air kelapa bisa menjadi pengganti plasma darah karena steril, tidak menghasilkan panas, tidak merusak sel-sel darah merah serta bisa langsung diterima oleh tubuh
12. Membunuh cacing di usus
13. Cocok dikonsumsi sebagai minuman alami saat sedang menenangkan diri, meditasi, mengemudi, makan, berlari, aerobik, bekerja, berolahraga, atau jenis aktivitas lainnya
14. Membantu tubuh melawan virus penyebab flu, herpes, dan AIDS
15. Membantu mencegah osteoporosis
16. Membantu mengontrol diabetes
17. Memudahkan buang air besar
18. Menguatkan kesehatan fungsi tiroid
19. Membantu membunuh cacing keremi
20. Membantu membunuh parasit Giardia Lamblia
21. Memperbaiki pencernaan
22. Sumber energi cepat.
23. Meredakan stres pankreas dan sistem enzim tubuh.
24. Membantu mengtasi pnyakit kandung empedu.
25. Membantu mengatasi infeksi jamur Candida.
26. Mencegah pertumbuhan mycoplasma.
27. Membantu mngatasi eksem.
28. Membantu menjaga klembutan dan khalusan kulit.

table daftar gizi air kelapa muda


dari bagian pohon kelapa semuanya mendatangkan manfaat sob,bukan saja buahnya bahkan dari akar sampai daun pun sangat berguna bagi manusia maka dalam kepramukaan tunas kelapa dipakai sebagai simbol pramuka .

source:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6553667

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...