Ads by BuzzCity

Selasa, 06 Desember 2011

Home » » Trik Mengatasi Kelupaan/lupa

Trik Mengatasi Kelupaan/lupa



Setiap manusia pasti pernah mengalami yang namanya lupa/tidak ingat/"kelalen(bhs.jawa)" dimana lupa ini merupakan sifat bawaan sejak lahir bahkan sampai tua pun sifat lupa pasti akan terus menempel dalam diri manusia.terkadang sifat lupa yang parah/stadium tinggi bisa berakibat fatal bagi diri sendiri ataupun orang lain,lalu bagaimanakah trik untuk mengatasi sifat lupa disini enthik rulez ada beberapa tips untuk mengatasi sifat lupa,cek langsung yuk ke tkp



Mengalami kelupaan memang bisa mengganggu pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Namun, masih ada beberapa cara untuk mencegahnya.

1. Sediakan Kalender

Tak ada salahnya memilih kalender kuno berbentuk lembaran kertas, sehingga Anda dapat membubuhkan catatan-catatan di lembaran-lembaran tadi apa saja yang akan dilakukan. Atau, melingkari tanggalan dengan spidol aneka warna untuk mencuri perhatian saat Anda melihat kalender. Mengingat-ingat jadwal dan tanggung jawab yang akan dilakukan, juga bisa memelihara daya ingat tetap optimal.

2. Buat Jadwal Aktivitas Berangan-angan sebelum tidur

merenung di pagi hari, atau menulis sesuatu di buku agenda sekadar untuk membuat rutinitas lebih tertata juga dapat dilakukan untuk memelihara daya ingat.

3. Buat Catatan Untuk Megingat Hal Penting

Menempelkan catatan di pintu lemari es untuk mengingatkan siapa saja yang harus dihubungi, atau menaruh note di monitor komputer untuk mengingat tugas apa yang harus diselesaikan, juga baik dilakukan untuk memelihara daya ingat.

4. Hindari Stres Akibat Kemarahan & Kelelahan 


Sesekali ambil nafas dalam untuk meredakan stres. Atau pikirkan satu per satu persoalan yang harus segera dituntaskan, ketimbang dijalankan semuanya bersama-sama. Memilih prioritas, amat baik untuk meringankan efek stres yang dapat mencetuskan demensia.

5. Brain Gym

Brain gym atau senam otak dapat meningkatkankan oksigenisasi dan efek visuospasial. Senam dengan menggerakkan tangan kanan bersamaan dengan kaki kiri, menundukkan kepala ke depan lalu memutarnya ke kanan dan kiri, atau tangan kiri menyentuh pusar lalu dua jari tangan kanan memijat tulang tengah tepat di dua lekukan tulang selangka, dan seterusnya dapat meningkatkan aktivitas otak dan memperbaiki daya ingat.

6. Mengisi Teka Teki Silang

Mengisi permainan teka-teki silang yang mengharuskan pemainnya mengingat dan mengolah ingatan juga dapat memperbaiki daya ingat dan kemampuan konsentrasi.

7. Mengingat Nomor Telepon

Mengingat nomor-nomor telepon penting maupun kerabat juga bisa bermanfaat untuk memperbaiki ingatan.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...