Ads by BuzzCity

Minggu, 18 Desember 2011

Home » » LUNTURKAH Budaya asli bangsa kita?

LUNTURKAH Budaya asli bangsa kita?


Indonesia bangsa besar yang terkenal akan tata krama dan sopan santunnya pernah menjadi contoh negara-negara lain yang memeandang bangsa ini sebagai bangsa yang kaya akan budaya,tata krama dan sumber daya baik alam maupun individunya.Tapi memasuki abad milenia ini semakin besar budaya asing yang masuk semakin berkurang pula budaya sendiri yang pernah tertanam dalam tiap sanubari individu bangsa ini.Dengan maraknya dempuran budaya asing dari segala bidang lama kelamaan akankah bangsa kita melupakan budaya sendiri yang sesuai dengan Norma Pancasila ? dengan tulisan ini mudah-mudahan kita lebih sadar akan kekayaan budaya bangsa kita sendiri bangsa INDONESIA.



Kita sebagai orang Indonesia yang berbudi luhur pasti tahu dengan budaya yang akan dibahas ini, tapi belakangan kita bisa melihat, merasakan (bahkan mungkin mengalami) sudah mulai berkurang,supaya Anda mau mengembalikan budaya kita, menjadi budaya sesungguhnya!

1. Cium Tangan Pada Orang Tua

Biasanya sih dibilang “salim“, bila di semasa saya hal ini merupakan kewajiban anak kepada orang tua disaat ingin pergi ke sekolah atau berpamitan ke tempat lain. Sebenarnya hal ini penting loh, selain menanamkan rasa cinta kita sama ortu, cium tangan itu sebagai tanda hormat dan terima kasih kita sama mereka, sudahkah kalian mencium tangan orang tua hari ini?

2. Penggunaan tangan kanan

Bila di luar negeri , saya rasa gak masalah dengan penggunaan tangan baik kanan ataupun kiri, tapi hal ini bukanlah budaya kita. Budaya kita mengajarkan untuk berjabat tangan, memberikan barang, ataupun makan menggunakan tangan kanan.  (kecuali memang di anugerahi kebiasaan kidal sejak lahir)
.
3. Senyum dan Sapa

Ini sih Indonesia banget! Dulu citra bangsa kita identik dengan ramah tamah dan murah senyum. So, jangan sampai hilang, ya! Ga ada ruginya juga kita ngelakuin hal ini, toh juga bermanfaat bagi kita sendiri. Karena senyum itu ibadah dan sapa itu menambah keakraban dengan sekitar kita.
4. Musyawarah

Satu lagi budaya yang udah jarang ditemuin khususnya di kota-kota besar semisal Jakarta. Kebanyakan penduduk di kota besar hanya mementingkan egonya masing-masing, pamer inilah itulah, mau jadi pemimpin kelompok ini itu dan bahkan suka main hakim sendiri. Tapi coba kita melihat desa-desa yang masih menggunakan budaya ini mereka hidup tentram dan saling percaya, ga ada yang namanya saling sikut dan menjatuhkan, semua perbedaan di usahakan secara musyawarah dan mufakat. Jadi sebaiknya Anda yang ‘masih’ merasa muda harus melestarikan budaya ini demi keberlangsungan negara Indonesia yang tentram dan cinta damai.


5. Gotong Royong

Itu bukan urusan gue!“, “emang gue pikiran“, Whats up bro? Ada apa dengan kalian? Hayoolah kita sebagai generasi muda mulai menimbulkan lagi rasa simpati dengan membantu seksama, karena dengan kebiasaann seperti inilah bangsa kita bisa merdeka saat masa penjajahan, ga ada tuh perasaan curiga, dan dulu persatuan kita kuat.
  Mungkin masih banyak budaya -budaya asli indonesia lainnya yang tidak bisa dituliskan satu persatu karena bangsa kita kaya akan budaya dan budi pekerti yang luhur,maka mari mulai dari sekarang hendaknya kita kembalikan kjejayaan bangsa ini minimal pergunakan budaya ASLI INDONBESIA dengan baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...