Ads by BuzzCity

Jumat, 11 November 2011

Home » » Penyebab Kerusakan GIGI

Penyebab Kerusakan GIGI



Tahukah sobat bahwa kerusakan gigi yang dialami sebagian besar dari kegiatan yang pada umumnya sepele dan tanpa kita sadari tapi berakibat fatal bagi kesehatan gigi itu sendiri.apa saja faktor yang mempengaruhi kesehatan gigi kita yuk kita baca baca beberapa alasan yang bisa merusak kesehatan gigi....



1 .Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang paling buruk dan bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang, baik terhadap kesehatan gigi maupun rongga mulut. Merokok juga dapat menyebabkan noda pada gigi dan bau mulut. Efek jangka panjangnya, merokok dapat meningkatkan penyakit gusi serta memperlambat proses penyembuhan.

2.Bruxism

Kebiasaan menggesek-gesekkan gigi antara gigi-geligi rahang atas dan rahang bawah, atau bruxism, biasanya terjadi secara tidak sadar ketika stres. Beberapa orang juga mengalaminya di saat tidur. Kebiasaan ini dapat membuat enamel permukaan gigi menjadi tipis, bahkan menimbulkan keretakan pada struktur gigi, serta merusak tambalan.
3. Mengunyah makanan pada satu sisi

Beberapa orang mempunyai kebiasaan mengunyah makanan pada salah satu sisi saja. Kebiasaan ini umumnya disebabkan nyeri atau sakit pada salah satu gigi di sisi tertentu. Hal ini dapat mengakibatkan timbulnya masalah serius atau kelainan pada sendi rahang.


4. Menggigit benda keras 


Kebiasaan ini biasanya merupakan penyaluran dari stres atau banyak pikiran. Korban gigitan biasanya pensil, pulpen, kuku, remote TV, atau benda-benda keras lainnya. hal ini dapat membuat permukaan gigi menjadi terkikis, bahkan keretakan pada struktur gigi.



5. Menjadikan gigi sebagai gunting atau pembuka botol 


Pernah lihat iklan pasta gigi di layar TV yang memperlihatkan orang-orang menggunakan gigi untuk membuka tutup botol, menyobek kemasan makanan, memotong label baju baru? Tugas berat semacam ini tidak pantas ditanggung oleh gigi-geligi, sebab akan merusak struktur.

dan masih banyak lagi faktor lain yang menyebabkan kerusakan bagi gigi tanpa kita sadari karena dapat dipastikan bila kita kurang memperhatikan kesehatan gigi niscaya akan berpengaruh bagi wajah sobat karena gigi merupakan faktor penbentuk wajah.

Nah, demikian beberapa kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut kita bila tidak diperhatikan. Mari mulai belajar menghilangkan kebiasaan-kebiasaan tersebut bila ingin gigi kita sehat dan kuat hingga tua.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...