Senin, 19 September 2011

Home » » MENGAPA??(ENSIKLOPEDIA) part 2

MENGAPA??(ENSIKLOPEDIA) part 2






Setelah membahas MENGAPA(ENSIKLOPEDIA) part 1 pada bagian pertama ada lagi terusannya neh sob wajib dibaca karena baik untuk kita dalam merawat tubuh cek ke tkp langsung


Benarkah saat marah kita tidak bisa mencerna makanan dengan baik??

Beberapa organ dan fungsinya dalam tubuh manusia dikendalikan oleh "Saraf Tak Sadar", misalnya denyut jantung, pernapasan, pencernaan, dan lain-lain. Ketika kita makan, lambung akan secara otomatis mengeluarkangetah lambung untuk mencerna makanan dan melalui usus kecil tubuh kita akan menyerap nutrisi. inilah fungsi dari saraf tak sadar.



Tapi jika kita sedang marah, gelisah, atau mengalami perasaan negatif lainnya, maka getah lambung akan sulit keluar secara normal. Keadaan inilahyang mengakibatkan terjadinya tukak lambung atau gangguan pencernaan. Jadi, ketika kita sedang makan, kita harus menjaga agar perasaan kita tenang. Dengan begitu tubuh kita akan dapat mencerna serta menyerap nutrisi yang masuk melalui makanan dengan baik.


Mengapa Perut kita berbunyi ketika lapar??
Suara yang dihasilkan perut ketika sedang kelaparan sebenarnya merupakan bunyi yang berasal dari lambung dan usus. Pada saat kita bernapas, terdapat udara yang tertelan ke dalam perut. Selain itu setelah selesai mencerna makan, usus juga menghasilkan gas.


Saat ini, yakni apabila makanan sudah selesai dicerna, perut masih terus bereaksi dan mengakibatkan otak besar menghasilkan perasaan lapar. gas-gas inilah yang berputar-putar di dalam perut dan mengeluarkan suara krucuk-krucuk!


Mengapa kita mabuk darat??
Saat menaiki mobil, kapal. pesawat, serta alat transportasi lainnya, sebagian orang akan merasakan mabuk darat, mabuk laut, bahkan mabuk udara. Misalnya merasa mual, ingin muntah, tidak selera makan, ingin segera tidur, keringat dingin, dan lain sebagainya. Namun, mabuk darat bukan merupakan suatu penyakit, lebih disebabkan oleh tubuh yang bergoyang-goyang tidak teratur.


Goyangan ini mengakibatkan pusat sistem keseimbangan tubuh yang ada di telinga bagian dalam tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik sehingga otak besar memberikan reaksi berupa kepala pening dan mata berkunang-kunang, serta beberapa gejala mabuk yang telah disebutkan di atas. Asalkan istirahat sebentar, kita akan merasa jauh lebih baik.


Mengapa kita menggoyangkan tangan ketika berjalan??
Saat sedang berjalan, tangan kita akan bergoyang ke depan dan ke belakang. Ini merupakan suatu insting, sama seperti anak kida yang baru lahir, meski tak diajari, bisa berlari sendiri. Bahkan anak kecil yang baru belajar berjalan pun akan menggoyangkan tangannya. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan tubuh ketika berjalan!


Mengapa kita Mengedipkan Mata??
Permukaan luar mata kita tertutup oleh lapisan air mata. Lapisan air mata ini tidak hanya berfungsi untuk melumasi bola mata, tapi juga untuk membersihkan debu ang masuk ke dalam mata. Mengedipkan mata dapat menyebabkan air mata di permukaan bola mata.


Orang pada umumnya mengedipkan mata 20 kali setiap menit. Namun, apabila kita menonton televisi atau main komputer dalam jangka waktu lama, kita akan kurang mengedipkan mata. Mata kita jadi kering dan terasa tidak nyaman. Jadi, bila kita sangat lama memakai kacamata, 50 menit sekali kita harus menutup mata untuk mengistirahatkannya.


Mengapa Kalau capek bisa Sariawan??
Bengkak pada selaput lendir di dalam mulut disebut sariawan. Penyebabnya adalah serangan virus atau kuman, kurang gizi, turunnya kekebalan tubuh, keteganga karena emosi, dan stres. Sariawan khususnya terjadi pada bagian selaput lendir di bibir dalam dan di ujung lidah. Bahkan bisa terjadi karena luka dalam yang disebabkan ujung sikat gigi. Karena itu, harus berhati- hati juga saat menyikat gigi.


Mengapa bisa mimisan bila terlalu Capek??
Bila tubuh lelah, hati menjadi panas. Panas ini terhantar ke bagian atas tubuh, sehingga mengeluarkan darah. Bila mimisan, jangan menekuk kepala ke belakang karena kamu bisa mati tercekik. Lebih baik miringkan tubuh di sandaran dan arahkan kepala ke depan. Lalu masukkan kapas ke dalam lubang hidung. Tekan keras bagian ujungnya dengan dua jari. Dalam 5-6 menit kemudian, darahnya akan berhenti. Bila tidak berhasil, pergilah ke dokter.


Bagaimana cara membedakan Telur matang dan Telur mentah??
Ketika telur yang sudah matang dan yang masih mentah digaungkan jadi satu, kita tidak bisa membedakan hanya dengan melihat atau menyentuhnya! Caranya sangat sederhana. Kita hanya perlu memutar telur itu seperti memutar gasing!


Karena sudah padat, telur yang sudah direbus, akan sangat mudah berputar. Sebaliknya, karena bagian dalamnya masih berbentuk cair, telur yang masih mentah akan terus menerus bergerak sehingga sangat sulit berputar dengan seimbang.


Benarkah Kuman sangat penting??
Kebanyakan orang mengira kuman berbahaya, tapi sebenarnya kuman memiliki peran yang sangat penting di alam ini. Kuman dapat menguraikan tumbuhan dan hewan yang sudah mati, juga bisa mengubah Nitrogen di udara menjadi berbagai nutrisi bagi makhluk hidup.


Selain itu, makanan seperti acar, kaju, bir, dan yoghurt merupakan makanan yang terbentuk dari proses fermentasi. Bahkan di dalam usus manusia juga terdapat kuman untuk membantu mencerna makanan!


Apakah baju baru bisa langsung dipakai??
Baju yang baru dibeli lebih baik jangan langsung dipakai. Itu karena pembuatan baju terkadan menggunakan pewarna atau obat-obatan kimia untuk memperkuat warna baju, memberi antiracun, dan antikusut. Jadi apabila tercium bau sejenismintak pada baju bar, itu merupakan aroma dari obat-obatan kimia.


Obat-obatan yang menempel pada baju ini berbahaya bagi kesehatan. Terutama bila bersentuhan langsung dengan kulit akan mudah menyebabkan penyakitkulit atau batuk, radang pada mata, dan penyakit lainnya. Jadi, jika membeli baju harus dicuci dulu sebelum dipakai, ya. Ini akan lebih baik untuk kesehatan!


Mengapa air memercik jika terkena Minyak panas??
Bila dipanaskan hingga 100 derajat celcius, air akan bergolak mendidih. Air yangtadinya merupakan zat cair juga akan barubah bentuk menjadi "uap air" yang merupakan gas. Ketika tetesan air masuk ke dalam minyak panas yang panasnya mencapai 160-200 derajat celcius, air akan dalam sekejap berubah bentuk dari cair menjadi gas dan memercik. Meskipun kelihatannya seperti percikan minyak, pada kenyataannya justru airlah yang memercik.


Apakah microwave tidak bisa membuat gosong makanan??
Microwave tidak akan membuat makanan gosong karena menggunakan gelombang mikro dari gelombang elektromagnetik untuk memanaskan dan merawat kandungan makanan. Setelah gelombang mikro menyuplai energi untuk makanan, molekul yang terdapat di dalam dan di luar makanan akan bergetar karena pengisapan energi.


Dalam proses ini, setiap detiknya molekul-molekul akan bergetar sebanyak 2 miliar 450 juta kali. Akibatnya, molekul bergesekan menghasilkan panas lalu masuk dan dengan cepat memanaskan makanan. Namun pada proses pemanasan seperti ini, kandungan air dalam makanan perlahan-lahan akan berkurang. Oleh sebab itu, semakin lama berada di dalam microwave, makanan akan semakin kering dan keras.


Mengapa Permen Karet dikemas dengan kertas perak??
Bahan kertas pembungkus permen karet sebenarnya bukan kertas perak, melainkan alumunium foil. Untuk mempertahankan zat-zat pengharum di dalam permen karet, melindungi dari kondisi luar seperti suhu dan kelembapan, mempercantik kemasan, dan menjaga kebersihan, permen karetdikemas dengan alumunium foil. Kalau dikemas dengan kertas biasa, pada cuaca panas permen karet ini pasti cepat mencair dan menempel di kertas.


Bagaimana Ikan Hiu melahirkan anaknya??
Ikan hiu terdiri dari berbagai spesies. Beda Spesies, bentuk telurnya juga beda. Telur ikan hiu ada yang berbentuk spiral dan ada pula yang berbentuk kantong. Selain itu, spesies yang berbeda berkembang biaknya dengan cara yang beda juga. Ada hiu yang menimpan telurnya di dalam rahim. Setelah matang, telur itu pecah, dan lahirlah si bayi hiu. Ada hiu yang bertelur di luar tubuhnya, namun ada pula yang benar- benar melahirkan seperti manusia.


Apakah ikan bisa mendengar??
Ikan juga punya telinga, tapi mereka tidak punya struktur tulang luar, hanya ada telinga dalam yang tersembunyi dalam tulang kepala sehingga kita tidak bisa melihatnya. Sebenarnya suara lebih cepat bergerak di dalam air daripada di udara. Ditambah lagi, selain telinga, garis lateral di kedua sisi tubuh ikan juga bisa bereaksi terhadapgetaran gelombang bunyi. Jadi, dibandingkan dengan manusia, ikan lebih peka terhadap suara.


Fosil Dinosaurus bagian manakah yang paling awal ditemukan??
Mantell adalah orang pertama yang pertama kali menemukan tulang dinosaurus. Tahun 1822 dia melihat di dalam sebuah batu yang dibawa pulang istrinya terselip sebuah gigi yang sangat besar. Sejak itu dia meneliti siang dan malam dan hanya bisa memastikan bahwa itu adalah hewan pemakan tumbuhan.


Pada suatu hari, dia melihat gigi yang tumbuh di rahangbawah seekor kadal besar mirip dengan gigi tersebut. Karena itu dia memutuskan untuk menamai gigi itu "gigi kadal besar", dan menunjukkannya pada dunia. Belakangan diketahui, hewan ini adalah iguanodon.


Mengapa Kuda Nil suka berendam di sungai??
Kuda nil sering berendam di air. Selain untuk melindungi kulit, alasan utamanya adalah karena tubuhnya yang berat. Dengan memanfaatkan daya apung air, gerakannya di air akan lebih gesit daripada di darat. Menariknya, keringat yang baru dikeluarkan Kuda nil awalnya bening, tapi setelah beberapa menit berubah jadi merah. Pigmen (zat warna) dalam keringatini bisa membantu Kuda nil menahan sinar Ultraviolet, dengan kata lain, merupakan minyak pelindung matahari alamiah.


Sumber : rizky1206

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...