Ads by BuzzCity

Jumat, 12 Agustus 2011

Home » , » KEBIASAAN BURUK SAAT MAKAN

KEBIASAAN BURUK SAAT MAKAN





sekarang ini banyak orang mengalami gangguan kesehatan istilah lainnya mengalami penyakit dari yang berat sampai ringan yang paling mules-mules/diare,hal ini mungkin disebabkan karena pola makanan,karena sedikit banyak(lha memang ditimbang gan....wkwkwk)faktor pola makanan yang tidak sehat menyebabkan munculnya berbagai penyakit,nah apap saja yang perlu kita hindari agar terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan pola makan simak,baca dan eja tulisan ini oke sob...yuk mareeeeeee



1. Makan dengan Cepat

Sebuah studi mengungkapkan, wanita yang diminta makan cepat lebih banyak mengonsumsi makanan (dalam waktu sebentar) dibandingkan wanita yang memakan makanan dengan pelan. Kenapa? Saat makan perlahan, otak punya waktu lebih banyak untuk menghantarkan rasa kenyang dan menyuruh Anda berhenti makan.
Mungkin cara ini kurang populer dilakukan dan Anda akan merasa banyak membuang waktu. Tapi jika ingin mengontrol asupan makanan yang masuk, cobalah menghitung kunyahan makanan Anda. Kunyahlah makanan sebanyak 15 sampai 20 kali, dan berhenti sebentar sebelum menyuap makanan lagi.

2. Makan Sambil Melakukan Aktivitas Lain

Saat makan, fokuskan hanya pada makanan yang tersaji di depan Anda. Para peneliti dari Food and Brand Lab di Cornell University mempelajari perilakuorang yang makan sambil mengerjakan kegiatan lain dan hasilnya, mereka tidak menyadari berapa banyak makanan yang mereka konsumsi hingga 30 persen jika perhatian mereka teralihkan.
Usahakan jangan makan sambil menonton TV, kerja di depan komputer atau membaca buku. Biasanya, orang akan lebih memerhatikan berapa banyak yang telah mereka makan saat hanya fokus pada makanannya sendiri. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari makan berlebihan.

3. Makan Saat Stres atau Bosan

Makanlah hanya saat Anda lapar. Memakan snack, terutama yang berkarbohidrat tinggi saat gelisah memang akan meningkatkan produksi serotonin yang membuat mood lebih baik dan terkendali. Tapi masalahnya, hal itu juga dibarengi dengan terganggunya kadar gula dalam darah yang semakin menambah hasrat untuk makan.
Cobalah untuk tidak menimbun camilan dalam lemari Anda, khususnya keripik kentang atau penganan lain yang mengandung karbohidrat tinggi. Saat sedang stres atau bosan, alihkan perhatian dengan membaca buku atau menonton TV, tapi ingat, tanpa makanan kecil. Jika tak juga bisa menahan hasrat ingin mengunyah, lebih baik konsumsi buah-buahan.



4. Terlalu Banyak Konsumsi Protein Hewani

Kurangi konsumsi daging merah, ikan atau ayam sebagai lauk. Perbanyak sayur daripada lauk saat makan. Misalnya saja, cukup tambahkan sedikit potongan ayam ke dalam tumis buncis atau taburkan beberapa cacahan daging di atas salad segar. Anda juga bisa mengganti lauk dengan tahu, tempe atau jamur.

nah dari hal diatas harusnya kita lebih berhati hati dalam menjaga pola makan kita karena mkanan buat menjaga kesehatan dan bukan malah merusak kesehatan oke yang pasti jangan baca DOA MAKAN biar berkah dan nikmat

doa makan


Allaahumma baarik lanaa fiimaa razaqtanaa wa qinna'adzaabannar.


Ya Allah, berkahilah rizqi yang Engkau rizqikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa neraka.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...