Ads by BuzzCity

Rabu, 27 Juli 2011

Home » » Terminologi Fotografi Digital " Megapixel "

Terminologi Fotografi Digital " Megapixel "

Salah satu terminologi/istilah paling populer dalam dunia fotografi digital adalah megapixel. Setiap pembicaraan atau pembahasan tentang fotografi digital, kamera digital maupun digital imaging pasti melibatkan istilah ini. Tapi apa sih sebenernya megapixel itu,
apa masih sodaraan sama megawati? yuk kita bahas dari sudut pandang orang awam seperti saya


Sebuah image digital tersusun dari kumpulan titik-titik(dots) berbentuk kotak (square) yg sangat kecil yang bernama pixel , setiap pixel mewakili warna dari bagian terkecil suatu image digital, harap diingat bahwa pixel-pixel tersebut berbentuk kotak (square), jadi tidak akan ada area kosong diantara pixel2 tersebut. Susunan pixel-pixel tersebutlah yg mengkombinasi (betul ga nih ejaan-nya) warna sebuah image, dari hanya dua warna sampai dengan 16 juta warna, sebuah image yang hanya berisi teks bisa hanya mempunyai dua jenis warna, background dan foreground. Sebuah image untuk web biasanya mengandung 256 warna. sedangkan sebuah image foto biasanya beresolusi 16 juta warna. Jadi bisa dibilang, semakin banyak kandungan warna/resolusi-nya, penampakan sebuah image akan semakin mirip foto.

gambar dibawah menunjukkan bagaimana kumpulan pixel dapat membentuk sebuah image


Resolusi sebuah image mengindikasikan kepadatan pixel-nya. Semakin banyak/padat pixel dalam suatu image, akan tampak semakin halus dan semakin realistis. sebuah image dengan kepadatan rendah akan tampak kasar atau bergerigi. Artinya, jika ingin mendapatkan gambar yg halus maka dibutuhkan kepadatan/resolusi yang tinggi.
Gambar foto digital dengan kualitas standar, artinya setara dengan kualitas kamera manual 35mm, setidaknya memerlukan kepadatan 300 ppi (pixel per inch),
Kita ambil contoh misal kita akan mencetak gambar 4 inci, berukuran 4×5,75 inchi, dengan kepadatan 300ppi, akan dihasilkan gambar beresolusi 4(300)x5,75(300)=1200×1725 pixel, itu artinya dibutuhkan setidaknya camera berukuran 1200×1725=2000070pixel atau 2 Megapixel
Dari keterangan diatas, Jika ingin menghasilkan gambar dengan kualitas setara kamera film (manual), kamera digital dengan resolusi 2 MP hanya bisa menghasilkan gambar dengan ukuran resolusi 1200×1725. Dengan rumusan kurang lebih seperti diatas, anda bisa menghitung sendiri, berapa resolusi maksimal yang bisa dihasilkan kamera digital anda
Masih bingung? saya juga..
semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...