Selasa, 28 Juni 2011

Home » » Tips Menambah Tinggi Badan

Tips Menambah Tinggi Badan

Tinggi Badan Ideal Sebuah Keluarga
 
Banyak sekali orang-orang yang merasa kecewa dengan tinggi badannya dan pernyataan bahwa pertumbuhan tinggi badan laki laki berhenti pada umur 20 tahun, seakan menambah rasa putus asa bagi mereka. Namun selagi ada usaha pasti ada jalan. Orang mengatakan tinggi badan berpengaruh banyak sekali pada aspek hidup namun jangan lupa, masih ada cara lain menyiasati kekurangan fisik kita, yaitu dengan mengoptimalkan potensi lain dalam diri kita dan selalu bersyukur dengan apa yang telah Tuhan berikan.
Ada beberapa tips yang bisa kalian jalani untuk menambah tinggi badan, ialah:

1. Cukup tidur siang dan malam hari.
      Tidur siang terbukti mampu menambah tinggi badan. Itu dikarenakan saat kita tidur siang hormon pertumbuhan(Growth Hormone) lebih aktif bekerja. Tidur siang yg nyenyak jg memberikan rasa rileks pada tubuh. Ini dapat mengurangi stres, terhindar dari penyakit jantung dan memperpanjang umur. Beberapa penelitian jg menyebutkan bahwa tidur siang mampu meningkatkan produktivitas, kreativitas dan kemampuan para pekerja. Lama waktu tidur siang yg baik adalah sekitar 15 menit sampai 1 jam. Sedangkan tidur malam minim 6 jam sampai 8 jam. Dan tentu saja tidur malam lebih penting dan sebaiknya selalu teratur serta cukup.

2. Memposisikan terlentang saat tidur.
 
3. Makan danminuman yg mengandung protein serta kalsium tinggi.
     Makanan dan minuman yg banyak mengandung protein dan kalsium tinggi jg dapat meninggikan badan. Terutama susu yg memiliki kandungan gizi yg sangat lengkap. Dan sebaiknya minum susu saat akan tidur malam karena penyerapan gizi lebih optimal di waktu tidur malam.

4. Olahraga secara teratur.
 
5. Jangan membiasakan diri berposisi bungkuk.
 
6. Stretching
     Gerakan meregangkan badan. Sehingga tulang-tulang punggung tertarik memanjang. Jika gerakan ini dilakukan secara rutin dan intensif maka dapat membantu merangsang penambahan panjang tulang-tulang punggung.

7. Hanging. 
     Bergantung dengan kedua tangan. Gerakan ini sangat merangsang pemanjangan tulang-tulang punggung.

8. Kicking. 
     Menendang-nendangkan kan kaki. Gerakan ini merangsang pertumbuhan tulang kaki sehingga memanjang secara optimal. 

9. Biking. 
     Bersepeda dapat merangsang pertambahan panjang kaki. Menapak pedal secara rata, tidak jinjit. Punggung tegap, tidak membungkuk. Jika setiap hari bersepeda dalam jarak yang cukup jauh, dapat membantu merangsang pertambahan panjang kaki. 

10. Swimming. 
     Pada waktu berenang, seluruh badan mengalami peregangan dari badan sampai ujung kaki. Disamping itu, gerakan renang hampir melibatkan semua otot-otot tubuh.

11. Olahraga.
     Basket atau voli sangat baik merangsang pertumbuhan badan. karena tubuh sering melakukan loncatan-loncatan keatas. Loncatan melawan gravitasi, menimbulkan peregangan pada seluruh tubuh.


Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan.

1. Cukup Gizi. Pastikan kita kecukupan protein, lemak, vitamin (seperti vitamin A dan D) dan mineral             (seperti zat besi, kalsium, seng dan yodium) karena sangat mempengaruhi peninggian badan.

2. Faktor Keturunan juga menentukan tinggi badan seseorang. Orang tua yang memiliki tinggi badan ideal membuka potensi memilik anak dengan tinggi pula.

3. Hormon pertumbuhan berfungsi merangsang pertumbuhan tulang. Hormon tiroid dibutuhkan untuk dalam melancarkan proses metabolismetubuh. Hormon seks, yang terdiri dari hormon estrogen, progesteron dan androgen, bertugas dalam proses pematangan seksual.

4. Dukungan lingkungan. Kurangnya imunisasi, kasih sayang yang cukup dan kebutuhan ekonomi dapat mempengaruhi nafsu makan, kebutuhan kesehatan. Sehingga proses peninggian badan pun terhambat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...