Rabu, 02 Februari 2011

Home » » dO yOU Know??? Kenapa Tubuh Kuda Laut Seperti Kuda? CEKIDOT!!!

dO yOU Know??? Kenapa Tubuh Kuda Laut Seperti Kuda? CEKIDOT!!!


Kuda laut merupakan spesies kerabat dekat ikan pipa (pipefish). Ikan pipa memiliki tubuh yang lurus panjang seperti pipa. Namun, kenapa tubuh kuda laut bentuknya seperti kuda?


Ternyata, menurut ilmuwan, tubuh kuda laut itu merupakan hasil proses evolusi. Dengan tubuhnya yang melengkung seperti huruf S, kuda laut mampu memburu mangsanya secara lebih efektif.

Seperti dikutip dari situs BBC, berdasarkan jurnal Nature Communication, dibandingkan dengan ikan pipa, kuda laut bisa menyerang mangsa mereka dari jarak yang lebih jauh.
Sam Van Wassenbergh, peneliti dari University of Antwerp Belgia, mengatakan bahwa lekukan leher kuda laut memungkinkannya untuk menangkap mangsa lebih jauh.

Seperti halnya ikan pipa, kuda laut berburu dengan cara menghisap mangsa melalui moncongnya. Namun, ikan pipa cenderung memburu dengan mengejar mangsanya.

Sementara, kuda laut cenderung diam dan menunggu hingga mangsanya, crustasea (hewan air kecil berkulit keras), lewat di depannya. Saat mangsa lewat di depannya, kuda laut akan memutar kepalanya ke arah atas dan membuka mulutnya dan menghisapnya.

"Teori saya adalah kuda laut berevolusi dari nenek moyang ikan pipa, menjadi hewan yang memiliki gaya hidup yang lebih tersembunyi," kata Sam kepada BBC.

Kuda laut sendiri merupakan hewan yang cukup unik. Tak seperti kebanyakan ikan, kuda laut adalah binatang yang monogamis. Mereka memilih pasangan sekali untuk seumur hidup.

Tak hanya itu kuda laut jantan merupakan satu-satunya spesies jantan yang hamil. Artinya, kuda laut tetap membuahi telur betina, namun, kuda laut jantanlah yang mengandung anak-anaknya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...